5 Tips Merawat Kendaraan Kamu Saat Musim Hujan Agar Tetap Awet

29 October 2018 - Kategori Blog

Musim hujan sepertinya kembali mendatangi Indonesia. Hal ini terlihat dari seringnya hujan beberapa hari belakangan ini. Bagi sebagian orang, musim hujan adalah musim yang menyenangkan karena cuaca jadi dingin dan segar. Meski demikian, bagi para pemilik kendaraan, baik itu mobil atau motor, musim hujan merupakan musim yang harus diwaspadai. Pasalnya, selama musim hujan, mereka butuh untuk memperhatikan kendaraan mereka agar tetap awet. Nah, jika JB’ers juga merupakan pemilik kendaraan, mobil atau motor, maka kamu bisa ikuti tips-tips berikut ini.

1. Langsung cuci setelah terkena hujan

Air hujan bersifat asam dan bisa merusak bagian motor dan mobil yang terbuat dari besi. Jika tidak langsung dicuci dikhawatirkan akan menyebabkan karatan pada motor dan mobil sehingga akan menjadi cepat rusak. Setiap kali habis terguyur hujan atau melintasi jalanan becek, siram bagian luar kendaraan dengan air bersih secara merata, sebelum dilap. Jika punya waktu luang, gunakan sabun khusus kendaraan saat mencuci.

2. Cek kolong mobil atau motor

Ini masih berkaitan dengan poin di atas. Tak hanya bagian bodi saja yang harus dibersihkan, namun bagian kolong, baik itu kolong mobil atau motor, juga harus dibersihkan. Bagian kolong, terutama pada saat musim hujan, merupakan tempat berkumpulnya tanah atau lumpur. Jika terus tertumpuk, maka kotoran tanah atau lumpur itu akan menggerogoti lantai kendaraan dan berkarat. Untuk membersihkan kolong kendaraan, kamu bisa gunakan nozzle selang yang bisa diatur tekanan semburannya. Semprot kolong kendaraan dengan air bertekanan untuk merontokkan kotoran.

3. Cek komponen dan mesin kendaraan

Banyak orang setelah mobilnya kehujanan, hanya akan mengelap dan memeriksa bagian luarnya saja, tanpa melihat bagian mesinnya. Cobalah periksa bagian mesin mobilmu. Karena air adalah benda cair yang akan sangat mudah masuk melalui celah sekecil apapun, jadi kamu harus pastikan bahwa air tidak masuk ke dalam mesin dan membuat mobilmu mogok saat akan dikendarai lagi. Untuk motor, kamu bisa mengecek bagian rantai, kampas rem, dan juga busi. Ketiga komponen tersebut merupakan bagian yang cukup vital dari motor, dan fungsinya akan kurang maksimal jika terkena air.

4. Semprotkan Silicon Spray

Menggunakan silikon spray untuk membersihkan bagian motor atau mobil yang berbahan karet terkadang tidak diperhatikan bahkan tidak dilakukan. Mobil dan motor memiliki bagian-bagian karet dan kaca dari beberapa sisinya, dan jika karet dan kaca ini sering terkena air hujan dan kehujanan lalu kepanasan, maka bagian kaca dan karet itu akan mudah rusak. Maka sebaiknya secara berkala kamu bisa menyemprotkan cairan silicon untuk membuat bagian kaca dan karet lebih awet dan lentur.

5. Cek saluran bahan bakar

Saluran bahan bakar pada mobil dan motor harus dicek secara berkala, apalagi ketika musim hujan. Jangan sampai ada yang terbuka apalagi bocor. Kebocoran pada saluran bahan bakar, yang berarti air hujan bisa masuk ke dalamnya, akan sangat berbahaya baik bagi pengendara maupun orang di sekitarnya.

Itulah tadi 5 tips merawat kendaraan kamu saat musim hujan. Semoga bermanfaat untuk JB’ers semua yang ingin kendaraannya tetap awet. (tom)

 

Sumber: http://jadiberita.com/119797/5-tips-merawat-kendaraan-kamu-saat-musim-hujan-agar-tetap-awet.html

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter