Lakukan ini jika mobil terbakar saat berkendara!

24 December 2018 - Kategori Blog

Tidak ada yang menginginkan kecelakaan saat berkendara di jalan, termasuk kebakaran mobil. Ya, salah satu kecelakaan yang paling ditakutkan adalah terbakarnya kendaraan yang dapat membahayakan diri kita sendiri dan juga orang lain.

Mobil yang terbakar banyak sekali faktornya. Menurut lansiran Toyota Astra (30/1), hal tersebut dapat disebabkan oleh bagian mobil yang panas, terkena percikan api dari puntung rokok ataupun ketidaksesuaian modifikasi pada mobil.

Lalu apa yang harus dilakukakan apabila terjadi kebakaran? Adapun berikut ini adalah beberapa tindakan yang harus diambil ketika terjadi kebakaran saat berkendara.

Langkah pertama yaitu menjaga jarak kendaraan dengan kendaraan lain yang terbakar untuk menghindarkan energi panasnya.

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu mematikan mesin sebelum meninggalakan kendaraan. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya ledakan karena mobil dalam keadaan panas. Selain itu, langkah ini perlu dilakukan untuk menghindari potensi api menyebar atau meledak dari tangki bahan bakar.

Apabila kendaraan Anda mengeluarkan sejenis asap atau percikan api, maka segeralah keluar dari mobil untuk menyelamatkan diri. Setelah Anda berada di tempat yang aman, segera minta bantuan pemadam kebakaran serta tenaga medis jika anda atau penumpang lainnya terluka.

Hal terpenting dalam menghadapi kebakaran pada kendaraan yaitu mencari tempat yang aman. Sebaiknya anda tidak mendekati kendaraan yang terbakar.

Hindarilah mendekati kendaraan dengan kondisi api cukup besar atau kecil. Terlebih jika Anda ingin memadamkan api atau mengambil barang bawaan di dalam kendaraan.

Demikianlah beberapa langkah yang harus dilakukan jika terjadi kebakaran pada kendaraan. Sebagai langkah awal, jika anda melihat asap setelah kecelakaan atau bau terbakar, jangan panik, bertindaklah cepat dan ambil tindakan yang sama seperti di atas. [ega]

 

Sumber: https://www.merdeka.com/otomotif/lakukan-ini-jika-mobil-terbakar-saat-berkendara.html

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter